0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menteri Desa Dorong Pemerintah Daerah Bentuk Prudes dan Prukades

Wonogiri – Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemen Desa, PDT dan Transmigrasi) berjanji memberikan insentif bagi desa yang bisa menerapkan empat program unggulan. Keempat program tersebut adalah pengembangan Produk Unggulan Desa (Prudes) serta Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), pembentukan dan pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), pembangunan embung desa, dan sarana olahraga desa.

“Jika ada desa yang bisa menerapkan keempat program tersebut, maka akan kami beri tambahan insentif Rp 800 juta per desa,” ujar Menteri PPDT Eko Sandjoyo saat kunjungan kerja di Wonogiri, Sabtu (8/7).

Menurut dia, kementerian akan mendorong Pemkab Wonogiri mendorong pembentukan Prudes dan Prukades. Selain itu, Pemkab harus ikut mewujudkan tiga program unggulan kementerian lainnya di tingkatan desa.

Pihaknya juga terus berusaha meningkatkan akselerasi program-program prioritas dengan pemerintah maupun sektor swasta. Yakni dengan memperkuat komunikasi dan kerja sama dengan stakeholder desa, baik di tingkat kementerian, lembaga negara, BUMN, pemda, hingga kalangan swasta.

Namun demikian, banyak tantangan manakala ada niatan untuk membangun kemandirian desa, yang paling menonjol adalah pada aspek rendahnya skala ekonomi dengan ketersediaan sarana pascapanen. Karena itu, Kemendes PDTT berusaha memecahkan berbagai masalah tersebut dengan empat program prioritas.

“Pengembangan Prudes atau Prukades, merupakan upaya meningkatkan ekonomi desa. Keberadaan Prudes atau Prukades itu harus didukung dengan keberadaan BUMDes untuk menyediakan kebutuhan sebelum dan pascapanen. Sementara itu, di level nasional pemerintah pusat akan membentuk Holding BUMDes untuk memperkuat keberadaan BUMDes di daerah. Jika skema ini berjalan,saya yakin skala ekonomi desa akan mengalami kemajuan besar,” tandas dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge