0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ekspresi Puluhan Peserta Khitan Massal, Ada yang Tegang dan Cengengesan

(foto: Heru)

Solo – Ada yang berbeda dari suasana kelurahan Punggawan pada Sabtu (8/7) pagi. Puluhan anak laki-laki usia sekolah dasar keluar dari pendapa dibagian depan kelurahan. Dengan mengenakan sarung, anak-anak tersebut berjalan berjingkat-jingkat, sambil memegangi bagian depan sarung mereka.

Ekspresi mereka macam-macam. Ada yang tegang, ada yang sedikit menangis, ada juga yang cengegesan sambil berjalan. Sementara kelompok anak lain yang menunggu giliran masuk kedalam pendapa, lebih terlihat tegang. Mereka didampingi bapak atau ibu mereka yang berusaha untuk menenangkan si buah hati.

Ya, mereka adalah para peserta khitan massal yang diadakan oleh Gereja Yesus Kristus bekerjasama dengan Rumah Sakit DKT Slamet Riyadi Solo. Kegiatan ini diikuti oleh puluhan peserta dari Kelurahan Punggawan.

“Kita menargetkan ada sekitar 100 anak yang akan dikhitan. Ini merupakan bagian dari komisi sosial gereja dan sekaligus pelayanan kepada masyarakat,” kata ketua Majelis Gereja, Budi Susanto.

Dia mengatakan anak yang akan dikhitan tidak terbatas dari Solo saja. Namun boleh dari mana saja, asalkan telah mendaftar terlebih dahulu. Berdasarkan pantauan, ada sekitar 60 anak yang telah mendaftarkan diri untuk dikhitan.

“Setelah dikhitan, kemudian anak diberikan bingkisan berupa sarung, dan uang,” terang Budi Susanto.

Sementara, Wakil kepala rumah sakit, Mayor Ckm Dr Yugo Irianto mengatakan bahwa pihaknya menurunkan 40 personel dalam pelaksanaan khitan massal tersebut. Ditambahkan pihaknya juga akan memberikan pengawasan kepada kesehatan para peserta khitan massal hingga sembuh.

“Kita terjunkan sejumlah personel diantaranya adalah dokter, perawat mahir bedah, dan perawat. Kita akan pantau kesehatan anak-anak ini hingga sembuh benar,” terangnya.

Selain menggelar Khitan Masal, kedepan sebagai bagian dari kegiatan HUT TNI pihak rumah sakit DKT akan mengadakan operasi bibir sumbing gratis dan operasi katarak gratis. Selain itu juga masih ada kegiatan sampingan berupa donor darah dan bakti sosial.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge