0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Inilah Arti dan Sejarah Nama Starbucks

Logo Starbucks. (Dok: Timlo.net/ Twitter.)

Timlo.net—Nama Starbucks sempat menjadi pembicaraan di sosial media setelah muncul isu pemboikotan jaringan kafe kopi internasional itu. Rupanya ada sebuah kisah menarik soal pemilihan nama “Starbucks”. Para pendiri kafe itu awalnya sempat berdebat soal nama usaha mereka.

Mantan CEO Starbucks Howard Schultz mengungkapkan sejarah di balik nama itu dalam bukunya, “Pour Your Heart Into It: How Starbucks Built a Company One Cup at a Time”. Starbucks sebenarnya bukanlah nama pertama yang dipilih. Dua pendiri kafe itu, Gordon Bowker (seorang penulis) dan Zev Siegl (guru sejarah) terinspirasi dari novel populer “Moby Dick”.

Gordon awalnya ingin menamai kafe itu “Pequod” sesuai nama kapal dalam novel itu. Tapi rekan bisnisnya Terry Heckler tidak yakin dengan nama itu. Setelah itu mereka mulai mengumpulkan ide nama-nama yang mungkin dipilih. Akhirnya ketiganya memilih nama Starbuck, berdasarkan nama pria pertama yang naik kapal Pequod.

Terry suka kata-kata yang dimulai dengan “St”, percaya jika kata-kata itu pengaruh fonetik. Selain itu, alasan nama itu dipilih adalah karena penemuan sebuah peta kuno. “Seseorang muncul dengan peta tambang kuno di the Cascades and Mount Rainier, di sana ada sebuah kota tambang tua bernama Starbo,” kata Gordon.

“Segera setelah saya melihat Starbo, saya, tentunya memikirkan nama teman pertama Melville [bernama Starbuck] dalam Moby Dick,” jelasnya.

Dalam situs mereka, Starbucks menulis, “Nama itu terinspirasi dari Moby Dick, menimbulkan romansa lautan dan tradisi berlayar pada era awal pedagang kopi.”

Sumber: Mirror.co.uk

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge