0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Semester Pertama, Penyaluran KUR BRI Tembus 90 persen

Solo – Semester pertama 2017, realisasi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) yang dilakukan oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI Solo) sudah mencapai angka Rp 91 persen. Penyaluran program KUR tersebut didominasi untuk kredit mikro.

“Program KUR yang kita lakukan ada dua jenis, yaitu KUR Ritel dan KUR Mikro. Dan untuk penyaluran di BRI sendiri sejauh ini cukup positif, karena pada semester pertama realisasi untuk KUR Mikro sudah mencapai 91 persen dan ritel 70 persen,” ujar Kepala Cabang BRI Slamet Riyadi Solo, Susanto kepada Timlo.net, Sabtu (8/7).

Tingginya penyaluran KUR mikro itu, menurutnya karena menyesuaikan dengan intruksi dari pemerintah pusat. Dimana untuk program KUR pada periode tahun ini lebih diutamakan untuk memberikan pembiayaan kepada sektor produsen atau industri dibanding perdagangan.

“Kalau melihat pencapaian sekarang ini sudah sudah cukup positif. Karena baru semester pertama penyaluran kredit yang kita lakukan sudah diatas 50 persen dari target tahunan,” jelas dia.

Sementara itu terkait dengan jumlah kredit macet, Susanto menyebut hingga saat ini masih terjaga di bawah satu persen. Rendahnya angka NPL di BRI itu selain karena memperhatikan prinsip kehati-hatian dalam penyaluran kredit, pihaknya juga menilai karakter pelaku UKM cenderung takut jika terjadi kemacetan.

“Karena untuk penyaluran KUR ini kita cukup selektif. Bahkan kalau ada nasabah yang tidak lolos BI ceking tidak kita terima permohonan kreditnya,” tandas dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge