0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

SMP Bakal Gratis, Tapi Masih Ada Lulusan SD yang Putus Sekolah

Wonogiri — Ribuan anak lulusan SD di Wonogiri diduga putus sekolah alias tidak meneruskan ke jenjang SMP. Hal itu membuat kalangan legislator Wonogiri berinisiatif melakukan kajian mendalam.

“Kalau benar, ada sekitar 3.551 anak lulusan SD yang tidak bersekolah atau melanjutkan ke jenjang di atasnya. Ini menjadi pekerjaan rumah (PR) kita bersama,” ujar Ketua Komisi IV DPRD Wonogiri, Sriyono, Jumat(7/7).

Data yang diperoleh dia, dari 13.323 lulusan SD di Wonogiri, yang meneruskan ke SMP hanya tercatat 9.772 anak saja.

“Menyikapi hal itu, dalam waktu dekat ini kita akan panggil Kepala Dinas P dan K terkait fenomena itu. Kalau faktor ekonomi, saya rasa tidak mungkin, karena tahun depan Bupati Wonogiri akan menggratiskan biaya sekolah murid pendidikan dasar,” kata politisi PDIP ini.

Kabid Pendidikan Dasar Dinas P dan K Wonogiri, Suwanto menjelaskan, di Wonogiri ada 78 SMP negeri. Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB SMP ada 9.772 anak yang meneruskan dari total 13.323 anak lulusan SD tahun ini.

“Dari 78 SMP itu masih ada lima SMP negeri yang belum melaporkan hasil PPDB mereka,masing-masing yaitu SMPN 4 Selogiri, SMPN 3 Satu Atap Tirtomoyo, SMPN 2 Giritontro, SMPN 3 Sidoharjo dan SMPN 2 Slogohimo,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge