0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kimkas Didorong dapat Memanfaatkan Pasar Afrika

Secretary General Forum Of Small Medium Economic Africa Asean (Forseaa) dan sekaligus Duta Besar Republik Seychelles untuk Indonesia, Nico Barito (timlo.net/setyo pujis)

Solo Baru –Pengurus dan anggota Koperasi Industri Mebel dan Kerajinan Solo Raya (Kimkas) didorong untuk dapat memanfaatkan pasar di Afrika. Pasalnya potensi pasar yang ada di wilayah tersebut cukup besar, dan tidak kalah dengan  pasar yang ada di Amerika maupun Eropa.

“Pangsa pasar di Afrika itu cukup besar. Karena dari sisi penduduknya, secara keseluruhan ada sekitar 1,2 Miliar dengan tingkat daya beli yang cukup tinggi,” ujar Secretary General Forum Of Small Medium Economic Africa Asean (Forseaa) dan sekaligus Duta Besar Republik Seychelles untuk Indonesia, Nico Barito kepada wartawan, Jumat (7/7).

Dengan tingginya potensi konsumsi dan juga pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut yang cukup positif, diharapkan para pelaku usaha didalam negeri dapat memanfaatkan peluang pasar itu. Apalagi dengan dapat memanfaatkan pasar di Afrika, menurutnya ada nilai lebih yang bisa diperoleh pelaku usaha dari Indonesia.

“Keuntungan lain jika dapat memanfaatkan pasar di Afrika bisa masuk ke pasar Eropa dengan pajak nol persen. Hal itu karena Afrika merupakan bekas jajahan atau koloni dari Negara-negara yang ada di eropa seperti Inggris, Prancis dan Portugal. Sehingga mereka sangat mendukung kebijakan ekonominya,” jelas dia.

Nico menilai, kendala yang dihadapi para pelaku usaha dalam negeri sehingga belum bisa memanfaatkan pasar di Afrika karena masih buta pasar. Terlebih selama ini, minat dan ketertarikannya masih kepada pasar tradisional yaitu Amerika dan Eropa.

“Padahal kalau dapat memanfaatkan pasar di Afrika potensinya tidak kalah dengan Amerika dan Eropa. Bahkan dari sisi keuntungan bisa lebih besar. Karena daya beli masyarakatnya cukup tinggi dan karakter konsumen di sana jarang ada yang menawar,” terangnya.

Untuk menyikapi hal itu, pihaknya melalui Forseaa siap membantu melakukan promosi, pelatihan termasuk pendanaan untuk pelaku UKM dari Indonesia. Sehingga harapannya bisa menciptakan pasar baru, mitra baru dan inovasi baru bagi para pelaku usaha kecil dan menengah.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge