0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Kebakaran, Idealnya Solo Butuh 51 Mobil Tanki Kecil

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mencoba menyemprotkan air dari mobil pemdam kebakaran yang baru (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mengusulkan pembuatan mobil tanki air berskala lebih kecil. Mobil tanki ini diharapkan bisa membatu operasional pemadaman api untuk kawasan padat penduduk dan kawasan yang tak terjangkau mobil pemadam.

“Kalau mobil pemadam ini kan besar ya, padahal ada kawasan padat penduduk yang tidak bisa terjangkau mobil pemadam, makanya kalau misalkan diadakan mobil tanki yang skalanya lebih kecil bisa menjangkau, nah inilah yang akan kita usulkan,” terang Hadi Rudyatmo saat serah terima satu unit mobil pemadam kebakaran, di kantor Dinas Damkar Solo, Jumat (7/7).

Menurutnya, usulan tersebut akan dimasukkan dalam anggaran tahun 2018. Diterangkan mobil tanki skala kecil ini akan dilengkapi dengan pompa, sehingga bisa digunakan untuk menyemprotkan air.

“Selama ini kan mengandalkan Pawang Geni, nah kalau kebakarannya besar, Pawang Geni ini kurang begitu efektif,” paparnya.

Pria yang akrab disapa Rudy ini juga menjelaskan, dirinya mendorong pembuatan hydran untuk kampung padat penduduk. Keberadaan hydran dinilai sangat penting, mengingat perkampungan padat penduduk lebih rawan terjadi kebakaran, serta sulitnya akses ke lokasi kebakaran.

“Kalau ada hydran kan lebih cepat tertangani,” kata Rudy.

Sementara Kepada Dinas Damkar Solo, Gatot Sutanto mengatakan, idealnya satu kelurahan memiliki satu mobil tanki skala kecil. Namun kedepannya baru akan tersedia satu setiap Kecamatan.

“Artinya ada lima mobil skala kecil, kalau idealnya ya butuh 51 unit, untuk satu kelurahan satu unit,” kata Gatot.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge