0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Solo Masih Kekurangan Mobil Damkar, Ini Kata Walikota

Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mencoba mobil pemadam kebakaran yang baru (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo menyerahkan satu unit mobil pompa pemdam kebakaran kepada Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) setempat. Penyerahan tersebut dilakukan di Markas Dinas Pemadam Kebakaran di Kota Barat.

Kepala Damkar Solo, Gatot Sutanto mengatakan, jumlah mobil pemadam kebakaran di Kota Bengawan masih jauh dari ideal. Meski begitu penambahan armada ini dirasa cukup membantu upaya penyelamatan, bila terjadi kebakaran.

“Selama ini kita memiliki mobil penyemprot ada 8 unit yang kita bagi dalam 2 pos, penambahan ini cukup membantu,” kata Gatot.

Sementara Walikota Hadi Rudyatmoo mengatakan, pihaknya akan memaksimalkan fungsi hydran sebagai langkah antisipasi kebakaran. Utamanya adalah pembangunan fasilitas hydran di kawasan padat penduduk. Meskipun jumlah mobil pemadam masih belum ideal, pihaknya meminta kepada anggota Damkar untuk tidak patah semangat dan tetap bisa bekerja dengan optimal.

“Tidak perlu berkecil hati, meskipun masih banyak yang kurang, pemerintah kota selalu memperhatikan (kekurangan armada),” kata dia.

Dalam kesempatan itu, pria yang akrab disapa Rudy tersebut juga menjajal kemampuan mobil senilai Rp 1,2 miliar dibeli dengan dana APBD melalui e-katalog tersebut. Percobaan penyemprotan dilaksanakan di Lapangan Kota Barat.

“Tadi dicoba ditembakkan ke atas, itu untuk mengetahui kekuatan pompa, kemudian ditembakkan ke depan untuk tahu persebaran airnya,” terang Rudy.

Mobil baru tersebut rencananya akan segera dioperasionalkan, mulai hari ini. “Ya kalau bisa Kota Solo tidak terjadi kebakaranlah, biar nanti kita bisa membantu daerah lain yang kebakaran,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge