0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Enam Grup Ketoprak Rebutkan Piala Walikota Solo

Ketua Pelaksana Festival Ketoprak, Tatak Prihantoro (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Dinas Kebudayaan Surakarta, Jumat dan Sabtu (7-8 Juli) akan menggelar festival ketoprak. Festival itu memperebutkan Piala Bergilir Walikota.

“Ya, dalam rangka memasyarakatkan, serta menyiapkan regenerasi  seni ketoprak, sehingga ketoprak tetap lestari dan digemari generasi muda,” kata Ketua Pelaksana Festival Ketoprak, Tatak Prihantoro, kepada wartawan, di Solo, Jumat (7/7).

Tatak mengatakan, festival kali ini akan diikuti enam grup ketoprak dari wilayah Solorayaya. Jadwal penyelenggaraan,  hari pertama, Jumat (7/7) menampilkan lakon Tahta Rembulan sajian Serambi Sukowati Sragen, Adanu Blawu sajian Sanggar Amurba dan Ampak-ampak ing Tlatah Bronggah sajian Sanggar Wagu Budaya Karanganyar.

Sajian hari kedua, Sabtu (8/7), mementaskan lakon Mbabar Kablabaring Marus sajian Sanggar Seni Kemasan, Kidung Tlatah Seorang sajian Komunitas Seniman Remaja Gumregah dan Suduk Gunting Tatu Loro sajian Ketoprak Kembang Sore.

“Tampil sebagai dewan juri  St Wiyono dan Hanindawan dari Solo, serta Bondan Nusantara dari Yogya. Festival memperebutkan piala bergilir Walikota  Surakarta,” ungkap Tatak.

Setiap peserta diberi waktu 50 menit untuk menyajikan karya garapannya. Pentas dimulai pukul 19.00 WIB. Terbuka untuk masyarakat umum dan gratis.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge