0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Para Peneliti Ingin Gunakan Satelit Untuk Prediksi Tanah Longsor

Satelit Cina. (Dok: Timlo.net/ Ubergizmo.)

Timlo.net—Tanah longsor adalah bencana alam yang sangat mengerikan. Kita sering mendengar berita bagaimana rumah dan nyawa manusia hilang karena tanah longsor. Seringkali bencana ini sulit diprediksi. Hal inilah yang ingin diatasi oleh para peneliti dari beberapa universitas ini.

Tim peneliti itu berasal Newcastle University, Chengdu University of Technology, Tongji University, China Academy of Space Technology, dan Wuhan University. Mereka ingin menggunakan satelit untuk memprediksikan kapan tanah longsor akan terjadi. Tim itu sebelumnya melacak tanah longsor yang baru-baru ini terjadi di Desa Xinmo di Maoxian di Provinsi Sichuan, Cina. Dengan gambar-gambar yang diambil dari satelit Sentinel-1 ESA, tim itu berhasil mendapatkan foto-foto wilayah itu sebelum dan sesudah longsor. Mereka juga memperoleh peta tanah longsor, mengidentifikasi sumbernya dan jangkauan kerusakan. “Bahkan, saat kami mengawasi longsor Maoxian kami berhasil mengidentifikasi 10 tanah longsor aktif lainnya di wilayah yang sama dan meneruskan informasi ini ke pada badan-badan terkait,” kata Profesor Zehnghong Li dari Newscastle University.

Metode ini sepertinya efektif karena tim itu berhasil mengidentifikasi tanah yang longsor itu enam bulan sebelum terjadi. Hal ini berarti metode itu bisa digunakan untuk menciptakan sistem peringatan dini. Dengan sistem ini, pencegahan bisa dilakukan dan banyak nyawa diselamatkan.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge