0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemerintah Berencana Naikkan Anggaran Subsidi Listrik

(merdeka.com)

Timlo.net – Pemerintah berencana menaikkan subsidi listrik sebesar Rp 7 triliun, menjadi Rp 52 triliun dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RAPBNP) 2017. Kenaikan anggaran untuk subsidi listrik disebabkan adanya perubahan asumsi anggaran sebesar Rp 1,4 triliun. Kemudian tidak pembatasan subsidi listrik terhadap pelanggan 450 VA sebesar Rp 3,9 triliun dan juga alokasi dana pengganti bagi pelanggan 900 VA sebesar Rp 1,7 triliun.

“Anggaran listrik kita naikan menjadi Rp 52 triliun dengan alasan adanya perubahan asumsi anggaran, lalu ada pembatasan subsidi listrik untuk pelanggan rumah tangga listrik berkapasitas 450 VA yang tidak berjalan dan adanya alokasi pembayaran kembali kepada pelanggan 900 VA sebesar Rp 1,7 triliun,” ujar Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution di Jakarta, Kamis (6/7).

Sementara untuk anggaran subsidi BBM, pemerintah menaikan sebesar Rp 300 miliar menjadi Rp 10,6 triliun. Sedangkan, anggaran subsidi LPG 3 kg naik sebesar Rp 18,5 triliun, menjadi Rp 40,5 triliun. Peningkatan anggaran subsidi LPG dilakukan lantaran adanya perubahan parameter subsidi sebesar Rp 4,6 triliun.

Selain itu, kenaikan tersebut juga terkait penyesuaian harga jual eceran Rp 1.000 per Kg dan tidak berjalannya kebijakan pembatasan alokasi subsidi LPG atau distribusi tertutup sebesar Rp 10 triliun.

“Khusus untuk subsidi BBM dan LPG dinaikan sebagai bentuk perubahan parameter dan penundaan harga eceran gas LPG 3 kg. Sehingga ini tidak mau ada kenaikan,” katanya.

Dengan adanya kenaikan tersebut, pemerintah mengajukan usulan tambahan anggaran subsidi sebesar Rp 25,8 triliun menjadi Rp 103,1 triliun dari sebelumnya Rp 77,3 triliun.

“Pemerintah akan terus lanjutkan subsidi tepat sasaran diseimbangkan program perlindungan masyarakat miskin. Subsidi naik karena subsidi energi, karena ditunda tadi,” jelas dia.

[sau]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge