0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Polisi Cilik Dinilai Ampuh Kendalikan Pelanggaran Hukum

Parade Polisi Cilik Polres Wonogiri sambut kedatangan Menteri PPPA Yohana Susana Yembise di halaman Pendopo Rumdin Bupati Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)
Wonogiri — Satu pleton polisi cilik didikan Polres Wonogiri unjuk kebolehan kali pertamanya dalam acara resmi di Pemkab Wonogiri, yakni saat menyambut kedatangan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Susana Yembise, Kamis (6/7).
Atraksi yang digelar di halaman Pendopo Rumdin Bupati Wonogiri cukup mendapat apresiasi. Polisi cilik tersebut telah dilatih secara khusus dan diberi uniform polisi. Ke depan, setiap kecamatan akan dibentuk satu pleton polisi cilik.
“Tak hanya sebagai pembuka acara yang sifatnya seremonial saja. Setelah kita amati ternyata polisi cilik ini cukup mujarab untuk mengendalikan tindakan-tindakan melanggar hukum di sekolah tempatnya belajar maupun dalam keluarga,” ungkap Kapolres Wonogiri AKBP Muhammad Tora, Kamis (6/7).
Ditegaskan, apa yang dilakukan polisi cilik sangat jitu, karena langsung mengena sasaran. Baik dalam lingkungan sekolah maupun  keluarga.
“Contoh, ketika pergi satu keluarga mengendarai kendaraan bermotor. Di kala orangtuanya melanggar rambu lalu lintas, anaknya yang sudah dididik menjadi polisi cilik langsung menegurnya. Dan kalau yang menegur anak, pihak orangtua akan merasa malu daripada ditegur oleh polisi. Demikian halnya di lingkungan sekolah, ketika ada teman yang akan melanggar aturan, polisi ciliklah yang bertugas untuk memperingatkannya,” kata Kapolres.
Dengan semakin banyak dibentuk polisi cilik, Kapolres optimis masyarakat akan lebih sadar hukum. ‘’Anak kecil saja tahu soal aturan dan mentaatinya, mosok yang lebih dewasa enggak,” tandas dia.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge