0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kasus Hambalang, Hari Ini Adik Andi Mallarangeng Divonis

Andi Zulkarnaen alias Choel Mallarangeng (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Terdakwa dugaan tindak pidana korupsi terkait proyek pembangunan Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Andi Zulkarnaen alias Choel Mallarangeng akan menjalani sidang beragenda vonis hari ini, Kamis (6/7). Adik kandung Andi Alfian Mallarangeng itu sebelumnya dituntut oleh jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 5 tahun penjara denda Rp 500 juta dan subsider 6 bulan kurungan penjara.

Choel dianggap turut serta dalam menikmati hasil kejahatan tindak pidana korupsi bersama kakaknya sebesar USD 550.000 atau senilai Rp 5 Miliar dan Rp 2 Miliar terkait proyek di Hambalang tersebut.

Pemberian uang tersebut tertuang dalam surat dakwaan miliknya, Choel sebagai perantara pemberian uang USD 550 ribu kepada Andi dari mantan Kepala Biro Keuangan dan Rumah tangga Kementerian Pemuda dan Olahraga sekaligus Pejabat Pembuat Komitmen Kemenpora, Deddy Kusdinar.

Pil pahit juga diberikan tim jaksa penuntut umum KPK kepada Choel. Justice collaborator yang diajukan Choel ditolak karena mengaku tidak tahu menahu uang yang ia terima.

“Maka permohonan JC patut untuk tidak dikabulkan,” ujar Jaksa Muhammad Asri Irwan saat membacakan alasan jaksa KPK menolak permohonan JC Choel, Rabu (7/6).

Atas perbuatannya, ia didakwa telah melanggar pasal 2 atau pasal 3 UU No 31 tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHPidana. [ded]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge