0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Beri Bantuan, Wakil Bupati Ingin Peternak Beli Sapi Kurus

Wabup Rohadi Widodo (kiri) menyerahkan bantuan ke kelompok peternak (Foto: Raymond)

Karanganyar – Kelompok peternak disarankan membeli sapi kurus untuk kemudian digemukkan. Pembeliannya dipersilakan menggunakan dana bantuan dari APBD.

“Belilah sapi yang kurus. Setelah digemukkan, baru boleh dijual karena harnanya pasti naik. Jangan malah terbalik. Membeli sapi gemuk, setelah dipelihara malah jadi kurus,” ujar Wakil Bupati Rohadi Widodo kepada wartawan usai menyerahkan secara simbolis bantuan dana 25 kelompok peternak, Rabu (5/7).

Kelompok itu lolos verifikasi calon penerima bantuan tahap I yang mutlak berbadan hukum. Pemberian bantuan bukan secara cash and carry melainkan via rekening bank tertentu.

“Tidak ada potongan sama sekali, utuh 100 persen. Setelah ini bisa belikan sapi sesuai proposal ajuan, tidak boleh untuk yang lain. Silahkan dipelihara. Sapi yang dibeli nanti diberi tanda khusus berupa anting,” katanya.

Wabup juga mengimbau peternak supaya memelihara sapi-sapi itu. Boleh dipelihara perorangan di bawah kendali kelompok menjadi satu di kandang komunal. Bermodal bantuan Rp 50 juta, kemungkinan bisa dibelikan 2-3 ekor anakan sapi.

“Ada manfaatnya juga jika di kandang komunal, kotorannya bisa di manfaatkan untuk bio gas seperti di Gondangrejo itu,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge