0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Inilah Model Distribusi Layanan Adminduk di Karanganyar

Para pemohon layanan adminduk mengantre dilayani di kantor Disdukcapil Karanganyar (Foto:Raymond)

Karanganyar – Kualitas pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di kecamatan dapat diandalkan, utamanya terkait perekaman KTP elektronik. Tersedia masing-masing satu alat perekam dan printer e-KTP di 17 kantor kecamatan. Jika blanko habis, camat dipersilakan mengajukan dropping.

“Dari pemerintah pusat drop 22 ribu blanko ke Karanganyar yang sudah didistribusikan ke kantor kecamatan. Jumlah itu sesuai yang diminta. Di kantor capil kabupaten masih memiliki 10 ribu blanko. Sebenarnya, tidak semua kantor kecamatan kehabisan blanko. Ada beberapa yang masih,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Karanganyar, Suprapto kepada wartawan, kemarin.

Disebutnya, jumlah blanko e-KTP memang terbatas. Itu sebenarnya diperuntukkan bagi print ready record (PRR) atau penduduk masuk usia wajib KTP. Bagi penduduk yang ingin mengurus kehilangan kartu itu akan diberi KTP sementara.

“Prioritas pertama pemberian blanko e-KTP pada PRR. Kemudian baru penduduk sudah pernah rekam namun hilang dengan catatan cetak ulangnya untuk keperluan imigrasi,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge