0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Nyolong Kotak Amal Masjid, Hadi Nyaris Dihakimi Massa

Tersangka pencuri kotak amal di Sidoarjo. (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Seorang maling kotak amal di Masjid At-Taubah ditangkap warga RT 18/RW 6 Gajah Magersari, Kelurahan Magersari, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu (5/7) dinihari pukul 02.00 WIB. Pelaku yang diketahui bernama Hadi itu kini sudah diamankan di Mapolsekta Sidoarjo.

Pencurian kotak amal itu diketahui ketika Hadi mengotak-atik berusaha mengambil isi kotak amal yang ditaruh di dalam Masjid. Namun, aksinya diketahui oleh salah satu warga yang sedang berjaga di pos keamanan. Saat itu juga langsung diteriaki oleh warga.

“Maling-maling,” teriak Yanto, salah satu warga yang mengetahui aksi tersebut.

Teriakan itu membangunkan warga yang sedang tidur, warga pun lantas berdatangan, pelaku akhirnya berhasil ditangkap karena tidak bisa melarikan diri. Pelaku maling kotak amal itu hampir saja menjadi amukan warga sekitar. Sebab, warga sudah kesal lantaran isi kotak amal sering hilang dicuri maling.

“Hampir tiap minggu kotak amal di masjid itu hilang dicuri maling, warga tadi sempat mengintai pelaku, karena pelaku beraksi saat malam hingga dini hari antara hari Rabu dan Kamis,” kata Catur, salah satu warga.

Apalagi, proyektor yang biasa digunakan untuk mengaji juga ikut hilang. “Bukan hanya kotak amal yang kerap hilang dicuri maling, minggu kemarin proyektor juga hilang, keterlaluan maling ini, sangat biadab,” jelasnya.

Untungnya, pelaku tidak jadi korban amukan warga yang kesal atas perbuatan itu. Kepada warga, pelaku mengaku baru pertama kali ini melakukan aksinya.

“Cuma pisan Pak, konco kulo sing sering, (Cuma sekali pak, teman saya yang sering),” dalih pelaku kepada warga saat diamankan di halaman salah satu rumah warga setempat.

Pelaku yang merupakan warga tetangga RT itu mengaku jika dirinya beserta tujuh teman lainnya hendak mencuri kotak amal itu. “Tadi tujuh orang Pak, yang lain lari, saya baru kali ini, lainnya yang sering,” ungkapnya.

Meski demikian, warga akhirnya menyerahkan persoalan itu kepihak Polsekta Sidoarjo. Petugas baru tiba sejam setelah kejadian itu mengamankan pelaku beserta kotak amal berisikan uang yang ditaksir mencapai jutaan rupiah itu. [dan]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge