0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Puluhan SMP Berpotensi Kekurangan Siswa

ilustrasi (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri – Puluhan SMP di Wonogiri berpotensi kekurangan siswa. Hal itu berdasar capaian PPDB gelombang pertama yang dibuka mulai 19-22 Juni dan rencananya akan diumumkan Kamis (6/7) besok.

Kabid Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdikbud Wonogiri, Suwanto mengungkapkan, sekitar 54 sekolah dari total 78 sekolah berpotensi besar kekurangan siswa. Hal itu dapat dilihat dari kuota masing-masing sekolah. Dimana kuota tiap rombel minimal 20 siswa dan maksimal 32 siswa. Sedangkan setiap sekolah diisi 10 rombel.

Polemik sekolah negeri yang kekurangan siswa, bukan disebabkan oleh minimnya minat melanjutkan sekolah, namun jumlah lulusan SD juga menurun dibanding tahun sebelumnya. Lulusan tahun ini ada sekitar 600 anak lebih sedikit dibanding tahun lalu. Dia menyebut, bahwa peserta UN SD pada tahun 2016/2017 ada 13.235 anak.

“Dari lulusan 13.235 anak tersebut, yang 11.460 mendaftar di SMP negeri. Sisanya ada yang mendaftar di MTs negeri dan swasta, ada juga yang mendaftar di SMP swasta dan mendaftar ke luar daerah. Apabila didasarkan pada perhitungan kuota maksimal tiap rombel, yakni 32 siswa, kuota di 54 sekolah tersebut jelas tidak terpenuhi,” jelasnya, Selasa (4/7).

“Sekolah yang bersangkutan harus mengajukan permohonan ke dinas terlebih dahulu sebelum membuka PPDB gelombang kedua,” lanjut dia.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge