0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bahayakan Penerbangan, Dua Balon Udara Raksasa Diamankan

Lanud Adisucipto amankan dua balon udara raksasa (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Dua buah balon udara berukuran raksasa diamankan petugas TNI AU di sekitar Lapangan udara (Lanud) Adisutjipto Yogyakarta. Kedua balom udara itu ditemukan di kawasan Minomartani, Kalasan dan di kawasan Berbah.

Komandan Pangkalan Udara Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Novyan Samyoga menuturkan, dua balon udara yang diamankan berukuran panjang 8 meter dengan lingkar tengah 7 meter. Balon yang diterbangkan dengan tenaga api tersebut ditemukan di lokasi yang tak jauh dari Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

“Balon udara itu berbahaya bagi penerbangan. Betapa bahayanya bila ada pesawat take off – landing, dan menabrak balon itu,” ujar Samyoga, Selasa (4/7).

Pihak TNI AU masih menelusuri asal muasal pemilik maupun pembuatan balon udara. Balon itu diduga diterbangkan dan berasal dari arah utara Yogyakarta seperti di Magelang, Wonosobo, Temanggung, dan Banjarnegara atau bisa juga berasal dari wilayah timur seperti Ponorogo, dan Pacitan.

“Dari data yang didapat, pada tanggal 26 hingga 29 juni kemarin setidaknya ada 41 laporan pilot yang melihat penampakan balon di jalur penerbangan. Balon plastik tersebut bisa mencapai ketinggian di atas 20.000 kaki. Untung ada komunikasi antara pihak pilot dengan menara pengawas sehingga pilot bisa dibantu keamanannya saat terbang. Komunikasi itu membantu pilot yang sedang menerbangkan pesawat kalau tidak bisa berbahaya,” papar Samyoga.

Pihaknya akan berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengusut pihak yang menerbangkan balon-balon tersebut. Sesuai dengan pasal 53 Undang-undang nomor 1 tahun 2009 tentang penerbangan, mereka yang terbukti membahayakan penerbangan terancam dua tahun penjara atau denda Rp 500 juta.

“Si pembuat dan yang menerbangkan dapat dijerat. Mereka sadar enggak menerbangkan balon udara itu membahayakan orang lain,” tegas Samyoga. [noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge