0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diserbu Warga, Disudukcapil Kehabisan Blangko E-KTP

Antrian di depan loket pelayanan e-KTP (dok.timlo.net/putra kurniawan)

Sukoharjo — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukoharjo dibanjiri pemohon pelayanan e-KTP sejak kemarin. Hal ini mengakibatkan petugas kewalahan hingga tidak sempat istirahat dan sebagian pemohon terpaksa hanya diberikan surat keterangan karena blangko sudah habis.

“Biasanya juga sama, pada awal masuk pasca libur lebaran, pemohon pelayanan e-KTP meningkat bahkan sampai menyita waktu istirahat petugas. Ini akrena banyak yang memanfaatkan mudik sekalian mengurus kelengkapan administratif kependudukan,” kata Kabid Pendaftaran Disdukcapil Sukoharjo, Surasa, Selasa (4/7).

Sebagian besar pemohon adalah warga perantuan yang mengurus e-KTP maupun mengajukan pindah domisili. Selain itu, juga terlihat banyak pelajar yang mengurus e-KTP karena usianya sudah bertambah dan harus memiliki Kartu tanda Penduduk elektronik (e-KTP) memanfaatkan libur panjang sekolah.

Semntara itu, terkait habisnya blangko e-KTP diakrenakan pemohon membludak dan belum ada penambahan kiriman blangko dari pemerintah pusat. Untuk menyiasatinya, petugas melakukan pencetakan e-KTP bagi mereka yang belum mempunyai dan pemohon baru.

“Dari jumlah pengiriman blangko terakhir sekitar 4.000 blangko ternyata belum mampu mengcover seluruh pemohon yang terus bertambah. Dan data pemohon yang masuk sebagai berikut, pemohon surat pindah 39 orang. pemohon pindah datang 41 orang, pemohon e-KTP 92, yang diberi surat keterangan 193 orang,” tandasnya.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge