0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Troll Berkepribadian Sadis dan Psikopat

Troll. (Dok: Timlo.net/ Indy100.com )

Timlo.net—Tidak ada yang suka troll. Para pengguna online berusaha melakukan yang terbaik untuk mengabaikan troll. Tapi hal ini tidak mudah dilakukan. Seperti ditulis Wikipedia, troll adalah orang yang sengaja menimbulkan perselisihan online dengan komentar yang di luar topik dan menyakitkan hati. Kadang-kadang troll juga sengaja menulis komentar bernada kebencian atau yang bersifat melecehkan. Dengan kata lain, tujuan mereka adalah menyakiti siapapun yang membaca komentar mereka.

Pengguna bisa memblokir akun-akun troll dan melaporkan komentar-komentar sadis yang mereka tulis. Tapi biasanya para troll ini tidak gampang menyerah. Mereka bisa jadi memiliki banyak akun palsu, siap untuk digunakan.

Sebuah penelitian baru menyatakan jika alasan troll berperilaku seperti mungkin berkaitan dengan masalah psikologis. Penelitian yang diterbitkan di Science Direct itu menjelajahi kepribadian para troll online. Para peneliti menguji tingkat psikopati, sadisme dan empati para troll ini.

Ada 415 orang (36 persen pria, 63 persen wanita, 1 persen yang lainnya) yang dilibatkan dengan rata-rata usia 23,37 tahun. Hasil penelitian menunjukkan jika pria lebih cenderung menjadi troll dibandingkan wanita. Mereka juga memiliki tingkat psikopati dan sadisme yang tinggi.

Tentunya tidak mengejutkan bila troll dikatakan memiliki empati yang rendah. Kepribadian mereka cenderung suka trolling dibandingkan menunjukkan belas kasihan. Penelitian itu juga menemukan jika para troll bisa secara strategis memprediksikan penderitaan emosi para korban mereka. Troll tidak hanya manipulator dalam menimbulkan konflik online, mereka juga dengan mudah memanipulasi emosi orang lain.

Sumber: Indy100.com

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge