0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lawan Polusi, Cina Bangun Kota Hutan Dengan 40 Ribu Pohon

Konsep kota hutan Liuzhou. (Dok: Timlo.net/ Indy100.com )

Timlo.net—Dalam usahanya untuk mengurangi polusi, Cina membangun kota hutan pertama di dunia. Didesain oleh Stefano Boeri, kota itu saat ini dibangun di Liuzhou, Provinsi Guangxi. Begitu selesai dibangun, kota baru itu bisa didiami 30 ribu orang. Berkat ribuan pohon dan tanaman di dalamnya, kota itu bisa menyerap 10 ribu ton CO2, 57 ton polutan per tahun dan memproduksi kurang lebih 900 ton oksigen setiap tahunnya.

Kota itu bisa mencapai hal itu berkat satu juta tanaman dari 100 spesies yang ditanam. Selain itu ada 40 ribu pohon yang ditanam di setiap sepanjang kota. Kota Hutan Liuzhou baru itu akan menghubungkan Liuzhou yang ada dengan serangkaian layanan rel kereta cepat dan mobil listrik. Selain itu kota itu menyediakan beberapa sekolah dan dua rumah sakit. Ada juga rencana untuk membuat kota itu mandiri dalam hal energi listrik berkat sumber daya energi surya dan geothermal.

“Difusi tanaman, tidak hanya di taman dan kebun atau di sepanjang jalan, tapi juga di dinding bangunan akan mengizinkan kota ini menjadi mandiri dalam hal energi untuk berkontribusi memperbaiki kualitas udara (menyerap CO2 dan debu halus sekitar 57 ton per tahun), untuk mengurangi suhu udara rata-rata , untuk menciptakan pembatas gangguan dan mengembangkan keberagaman makhluk hidup, menghasilkan habitat untuk burung, serangga dan binatang kecil yang menghuni wilayah Liuzhou,” tulis Stefano Boeri dalam situs resminya.

Sumber: Indy100.com

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge