0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ki Manteb Sudarsono Sabet Penghargaan dari UNIMA

Ki Manteb Sudarsono Sabet Penghargaan (timlo.net/heru gembul)

Solo – Dalang kondang, Ki Manteb Soedarsono mendapatkan Remarkable of Contributions Certificate atas kontribusinya di dunia wayang dari UNIMA (Union Internationale de la Marionnette-International Puppetry Association), Senin (3/6) malam. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Union Internationale de Marionnette (UNIMA) Indonesia, Samudra Wijaya.

“Selembar penghargaan ini adalah merupakan adalah pengakuan dunia, terhadap Ki Manteb, sebagai penjaga kesenian wayang dunia,” terang Samudra Wijaya dalam sambutannya, di Pendapa Ageng Institut Seni Indonesia (ISI) Solo.

Lebih lanjut dikatakan bahwa penghargaan ini diberikan kepada Dalang senior, dengan kontribusi dan dedikasi penuh pada kekaryaannya. Pemilihan ini dilakukan saat festival wayang dunia yang diputuskan oleh juri dari 17 negara. Ki Manteb terpilih dalam penghargaan Remarkable of Contributions Certificate.

Ki Manteb dalam sambutannya mengaku bangga dengan terpilihnya dirinya sebagai penerima penghargaan dari perkumpulan teater boneka seluruh dunia tersebut. Dalang berusia 69 tahun ini mengatakan bahwa ingin terus berkontribusi untuk dunia perwayangan.

“Otot saya sudah tidak bergas (bertenaga), suara saya juga sudah blero (fals), keterampilan saya sudah banyak berkurang, dibandingkan dengan Manteb yang 20 tahun lalu. Namun saya masih bersyukur bahwa hidup saya masih bermanfaat bagi dunia pedalangan,” ujar Ki Manteb.

Diterangkan bahwa penghargaan ini adalah tantangan bagi dirinya untuk bisa terus berkiprah di dunia wayang. Salah satu rahasia dari Ki Manteb adalah sanggit lakon yang dibawakan secara serius, sehingga bisa diterima banyak orang.

“Yang saya jaga adalah sanggit Lakon. Dari situ lakon bisa bercerita apa saja, sehingga manusia bisa bercermin tentang baik dan buruk,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge