0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Juni, Inflasi Kota Solo Tembus 0,87 persen

Pedagang bawang putih di pasar (dok.timlo.net/ist)

Solo — Angka inflasi Kota Solo selama periode Ramadan dan Lebaran melonjak di angka 0,87 persen. Komoditas utama  penyumbang laju inflasi itu diantaranya adalah bawang putih, tarif listrik, angkutan udara dan daging ayam ras.

“Dari pantauan harga yang kita lakukan selama periode Juni, angka inflasi kota Solo berada  diangka 0,87 persen. Atau melonjak cukup tinggi jika dibanding periode bulan sebelumnya yang hanya mencapai 0,33 persen,” ujar Kepala BPS Kota Solo, R Bagus Rahmat Susanto kepada wartawan, Senin (3/7).

Disebutkan dia, tingginya laju inflasi itu lebih dipengaruhi karena 111 komoditas kebutuhan pokok mengalami lonjakan harga. Beberapa komoditas utama yang memberikan andil terhadap laju inflasi itu diantaranya adalah bawang putih 0,25 persen, tarif listrik 0,22 persen, angkutan udara 0,17 persen dan daging ayam ras 0,11 persen.

Sementara dari enam kota di Provinsi Jawa Tengah yang dihitung indek harga konsumennya (IHK), lanjut Bagus kota Solo menduduki peringkat ke empat yang angka inflasi paling tinggi.

“Untuk inflasi tertinggi terjadi pada kota Cilacap, yaitu mencapai 0,99 persen, Purwokerto 0,98 persen dan kemudian disusul Tegal 0,90 persen,” jelasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge