0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kenapa Suhu Panas Membuat Orang Mudah Berubah Suasana Hatinya?

Suhu panas. (Dok: Timlo.net/ Waste360.com )

Timlo.net—Sebuah penelitian menyatakan jika suhu panas bisa membuat orang mudah berubah suasana hatinya dan enggan menolong atau ramah. “Suhu lingkungan mempengaruhi kondisi individu yang membentuk reaksi perilaku dan emosional, jadi orang enggan menolong dalam lingkungan yang tidak nyaman,” kata Liuba Belkin, associate professor di Lehigh University, Amerika Serikat (AS).

Para peneliti mengumpulkan data dari jaringan ritel besar dan menganalisa perbedaan perilaku individu di bawah suhu normal dan suhu panas. Mereka menemukan jika para pekerja yang berada di lingkungan panas enggan bersosialisasi. Misalnya mereka enggan menolong pembeli dan enggan memberikan saran.

Untuk penelitian bagian kedua, para peneliti memilih para mahasiswa dari jurusan manajemen. Para mahasiswa ini dibagi menjadi dua kelompok. Kedua kelompok itu ditempatkan dalam ruangan yang berbeda suhunya. Perbedaan suhu kedua ruangan mencapai 15 persen. Tim peneliti meminta kedua kelompok itu mengisi survei untuk organisasi nirlaba yang melayanai anak-anak dan individu yang terpinggirkan.

Para peneliti menemukan jika hanya 64 persen dari mahasiwa di ruangan yang lebih panas setuju menjawab survei. Sementara 95 persen mahasiswa di ruangan yang lebih dingin bersedia mengisi survei. Mereka yang berada di ruangan panas, dan bersedia menjawab tetap mengisi survei lebih sedikit dibandingkan dengan yang ada di ruangan dingin.

Sumber: Times of India.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge