0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antivirus Kaspersky Tawarkan Source Code Kepada Pemerintah Amerika

Kaspersky Lab. (Dok: Timlo.net/ Ubergizmo. )

Timlo.net—Perusahaan keamanan komputer berbasis Moskow, Rusia, Kaspersky Lab baru-baru ini diawasi oleh penegak hukum di Amerika Serikat (AS). Hal ini karena Kaspersky berhubungan dengan pemerintah Rusia. Saat ini Rusia menjadi sebuah topik yang sangat sensitif di AS. Negara itu menunggu hasil penyelidikan hubungan Donald Trump dengan Rusia.

Pendiri Kaspersky, Eugene Kaspersky berkata jika dia terbuka untuk menyerahkan source code kepada pemerintah AS. Tujuannya untuk membuktikan jika produk-produk software antivirus mereka tidak disusupi software mata-mata dari Rusia.

“Jika Amerika Serikat butuh, kami bisa membuka source code. Apapun yang bisa saya lakukan untuk membuktikan jika kami tidak berniat jahat akan saya lakukan,” katanya dalam sebuah wawancara baru-baru ini.

Source code dianggap sebagai harta paling berharga bagi perusahaan software di manapun. Source code merupakan inti dari bisnis software. Oleh karena itu, tidak ada perusahaan software manapun yang bersedia mengungkap source code mereka kepada pihak luar.

Memang hingga saat ini tidak ada bukti produk-produk Kaspersky terkontaminasi oleh pemerintah Rusia. Tapi sang pendiri sendiri, Eugene pernah belajar di sekolah yang didukung oleh KGB, badan intelijensi Rusia. Eugene juga pernah bergabung dengan KGB.

Minggu lalu, FBI mengunjungi rumah lebih dari 10 pegawai Kaspersky di AS. FBI menanyakan hubungan perusahaan Kaspersky di AS dan Rusia. Eugene sendiri menawarkan diri untuk bersaksi di depan Kongress untuk membuktikan jika perusahaannya bersih.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge