0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ternak Mati Tak Wajar, Warga Blusukan ke Hutan

Hewan ternak (merdeka.com)

Timlo.net — Ratusan warga Samarinda, pagi hingga siang tadi menyisir hutan di kawasan Lempake, kecamatan Samarinda Utara, Samarinda, Kalimantan Timur. Mereka dibikin penasaran dengan matinya puluhan ternak kambing dan ayam, secara tak wajar. Diduga, hewan ternak mereka jadi sasaran binatang hutan.

Aksi warga itu dilakukan pukul 08.30 Wita pagi tadi. Tidak hanya warga, aparat kepolisian dan TNI, juga ikut membantu upaya penyisiran.

“Ada 400 orang tadi yang menyisir hutan. Mulai dari warga Lempake, relawan, sampai kepolisian dan tentara,” kata Camat Samarinda Utara Syamsul Alam, kepada merdeka.com, Minggu (2/7) malam.

Penyisiran yang dilakukan massal itu bukan tanpa kendala. Mereka harus menembus hutan di sekitar permukiman warga yang cukup luas.

“Medannya tadi cukup berat, karena hutan luas. Sementara, belum ada hasil dicapai. Paling tidak, kita sudah ikhtiar, sudah berusaha,” ujar Syamsul.

“Penyisiran hutan sampai jam 11 siang tadi. Ya itu tadi, kita sudah berusaha, artinya pemerintah juga perduli dengan persoalan yang meresahkan ini,” tambahnya.

Diterangkan Syamsul, meski penyisiran belum mendapatkan hasil yang diinginkan, warga tetap memaksimalkan simkamling, terutama warga yang memiliki hewan ternak.

“Ronda, siskamling semakin ditingkatkan di malam hari. Sejauh ini, belum ada lagi laporan hewan ternak warga yang mati dengan kondiai yang sama (tidak wajar),” demikian Syamsul.

Diketahui, dalam 2 pekan, tidak kurang 50 ternak warga di 4 RT di Kelurahan Lempake, berupa kambing dan ayam, mati tidak wajar. Dikatakan tidak wajar, lantaran leher ternak terdapat luka seperti bekas gigitan, namun tidak ditemukan ceceran darah.

Sempat merebak isu hewan ternak itu dimangsa anjing jadi-jadian, yang diantaranya terlihat di malam hari di kawasan hutan. Meski memang, belum bisa dipastikan kebenarannya. Dugaan sementara, hewan ternak mati lantaran dimangsa binatang hutan.

[rnd]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge