0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bermain Video Game Tingkatkan Fokus

Game Pokemon Go (dok.merdeka.com)

Timlo.net—Apakah anak Anda bermain video game? Biarkan saja. Bermain video game bisa menolong mengubah bagian otak yang bertanggung jawab untuk fokus dan keterampilan visuospasial. Keterampilan itu memampukan kita mengenali bentuk kotak, segitiga, kubus atau piramida. Selain itu, bermain video game menolong kedua keterampilan ini lebih efisien. Kesimpulan ini berasal dari analisa terhadap lebih dari 100 penelitian ilmiah.

Dalam analisa ini, para peneliti dipimpin oleh Marc Palaus dari Universitat Oberta de Catalunya di Spanyol. Mereka mengungkap jika para gamer menunjukkan peningkatan dalam beberapa jenis perhatian/ fokus, seperti fokus selektif atau perhatian terus menerus.

Bermain video game juga meningkatkan ukuran dan efisiensi bagian otak yang terkait dengan keterampilan visuospasial. Wilayah otak para gamer yang terlibat dalam kemampuan fokus menjadi lebih efisien. Diperlukan waktu singkat untuk pemanasan sehingga mereka bisa fokus pada tugas-tugas yang perlu perhatian khusus.

Di sisi lain, hipokampus kanan para gamer lama cenderung lebih besar. Penelitian itu diterbitkan di jurnal Frontiers in Human Neuroscience. Untuk penelitian ini, tim peneliti mengumpulkan dan menganalisa 122 studi ilimiah. Sebanyak 22 di antaranya meneliti perubahan struktural dalam otak dan 100 di antaranya perubahan pada fungsionalitas dan perilaku otak.

Sebaliknya, video game bisa membuat orang kecanduan dan menyebabkan “internet gaming disorder”. Gangguan ini bisa menyebabkan masalah seperti obesitas dan pandangan mata yang buruk juga masalah emosi. “Video game memiliki dampak positif [pada fokus, keterampilan visual dan motorik] dan dampak negatif [resiko kecanduan] dan penting bagi kita menerima kompleksitas itu,” jelas Palaus.

Sumber: Times of India.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge