0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cara Paling Cepat Untuk Sembuh Dari Pilek Terungkap

Pilek. (Dok: Timlo.net/ Today.com )

Timlo.net—Cuaca saat ini seringkali berubah-ubah. Hal ini membuat kesehatan kita bisa terganggu dan kita mudah sakit termasuk terkena pilek dan batuk. Biasanya bila orang terkena pilek mereka berusaha menyembuhkannya dengan minum teh jahe. Akan tetapi penelitian baru mengungkapkan jika ada sebuah mineral yang bisa menyingkirkan pilek dan flu lebih cepat. Mineral itu adalah Zinc.

Zinc dikatakan sebagai sebuah cara yang sangat efektif untuk melawan pilek. Mengkonsumsi zinc dalam 24 jam saat gejala-gejala pilek muncul bisa mempersingkat waktu sakit.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of Helsinki meneliti sekelompok responden yang sakit pilek. Keduanya dibagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok diberikan tablet hisap berisi zinc. Kelompok lainnya diberikan obat lain. Kelompok yang mengkonsumsi zinc sembuh lebih cepat. Waktu sakit mereka diperpendek 40 persen.

Flu disebabkan oleh rhinovirus dan menurut penelitian, zinc mencegah virus itu berkembang biak. Mineral itu juga mencegah rhinovirus hidup di membran mukosa hidung dan tenggorokan.

Untuk memperoleh efek ini, Anda disarankan mengkonsumsi 80 mg zinc. Biji labu, bayam dan biji-bijian merupakan sumber alami zinc. Tapi untuk memperoleh jumlah 80 mg zinc, Anda perlu mengkonsumsi sayuran itu dalam jumlah yang banyak. Jadi saat Anda sakit flu, mengkonsumsi suplemen zinc merupakan solusi yang mudah.

Batasan konsumsi zinc yang aman setiap harinya adalah 40 mg. Tapi jumlah itu bisa lebih hingga 40 mg jika Anda kena flu. Satu tablet zinc setiap tiga jam aman dikonsumsi. Lebih dari itu, suplemen zinc bisa menekan daya tahan tubuh.

Menyertakan zinc ke dalam menu makanan bisa mengurangi jumlah sakit flu setiap tahunnya. Setiap harinya, kita dianjurkan mengkonsumsi 8 mg zinc per hari.

Walaupun suplemen zinc manjur dalam berbagai penelitian. Akan tetapi suplemen zinc juga memiliki efek samping, di antaranya:

-Beberapa efek samping berupa muntah, rasa tidak enak di mulut, kram perut dan diare.

-Zinc bisa berinteraksi dengan obat lain.

-Menggunakan zinc dalam bentuk semprot bisa membuat Anda kehilangan indera penciuman.

-Zinc hanya bisa memperpendek durasi sakit dan tidak mencegah atau meringankan gejala.

Sebelum Anda memutuskan untuk mengkonsumsi zinc untuk melawan flu, lebih baik konsultasikan terlebih dulu dengan dokter Anda.

Sumber: Times of India.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge