0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Demi Biaya Pengobatan Anak, Seorang Ayah Nekat Mencuri Besi Proyek

Mediasi yang dilakukan oleh pihak pelapor dan pelaku pencurian (timlo.net/achmad khalik)

Solo – Lantaran ingin mengobatkan anaknya yang sedang sakit, SY (62) nekat menggasak besi Jack Base Scaffolding disebuah lokasi proyek di Kawasan Talud Kali Jenes, Pajang, Laweyan pada Jumat (23/6) lalu. Akibatnya, pelaksana proyek melaporkan perbuatan warga Ngenden RT 05/ RW 08 Kelurahan Gentan, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo ini ke Polsek Laweyan.

“Dari laporan tersebut, kami lakukan tindak lanjut dengan mendatangi pelaku,” terang Kasi Humas Polsek Laweyan, Aiptu Heriyanto mewakili Kapolsek Laweyan, Kompol Santoso, Jumat (30/6) siang.

Dari hasil penyidikan yang dilakukan, kata Heriyanto, polisi mengamankan barang bukti lusinan besi yang biasa digunakan untuk pondasi bangunan tersebut. Rencananya, besi hasil curian itu akan dijual dan hasil uang penjualan akan digunakan untuk biaya pengobatan.

Setelah mengetahui alasan pelaku, pihak Polsek Laweyan yang diwakili Bhabinkamtibmas kelurahan setempat melakukan mediasi antara pelaksana proyek dan pelaku. Dari hasil mediasi yang dilakukan, pelaku mengakui perbuatannya telah mencuri besi di lingkungan proyek pembuatan talud Kali Jenes. Sedangkan, pihak pelapor akhirnya bersedia memaafkan asal besi tersebut dikembalikan.

“Dari hasil mediasi yang dilakukan, pelapor bersedia memaafkan. Akhirnya, keduanya membuat surat keputusan bersama agar tidak terjadi masalah dikemudian hari,” jelasnya.

Usai penandatanganan, akhirnya pihak terkait dengan sukarela memberikan bantuan agar anak pelaku mendapat pengobatan yang layak dan segera sembuh.

“Harapan kami, pelaku tidak melakukan perbuatan melanggar hukum lagi meski tujuannya baik,” kata Heriyanto.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge