0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Mobil Mogok di Tanjakan, Satgas Ganjal Ban Diterjunkan

Kasat Binmas AKP Suwarsi bersama relawan mendorong mobil mogok di tanjakan Gumeng, Jenawi. (Foto: Istimewa)

Karanganyar – Melihat tingginya potensi rawan kecelakaan pada jalan tidak rata, Polres Karanganyar bersama sukarelawan kebencanaan membentuk satgas ganjal ban di kawasan wisata lereng Lawu. Satgas ini bergerak tanpa perlu dikomando saat melihat mobil atau sepeda motor tak kuat menanjak. Langkah sigapnya seperti mengganjal ban agar tidak tergelincir dan mendorong kendaraan mogok.

“Satgas ini selalu diterjunkan saat operasi lalu lintas selama lebaran. Ini bagian dari aksi simpatik sekaligus sosialisasi aman berkendara yang langsung diterapkan di lapangan,” kata Kasat Binmas Polres Karanganyar AKP Suwarsi kepada Timlo.net, Kamis (29/6).

Dari Polres Karanganyar, Satgas beranggota Satuan Satlantas dan Sabhara yang sigap memberikan pertolongan pertama. Bermodal alat pengganjal ban dari kayu, petugas cepat-cepat menyelipkannya ke sela roda dan aspal saat melihat mobil kehilangan tenaga.

Cara ini untuk mencegahnya nggelondor dan menghantam mobil di belakangnya. Satgas ini ditempatkan di titik berpotensi lakalantas beruntun di lereng Lawu seperti jalan lama Tawangmangu-Magetan dan tanjakan menuju Candi Cetho, Jenawi.

Dijelaskan, tak semua pengemudi berpengalaman di medan menanjak. Mereka yang kurang teruji biasanya menginjak kopling setengah untuk menyetabilkan posisi mobil di medan menanjak. Hal itu berakibat kanvas kopling cepat aus dan terbakar kemudian mogok.

Ia mengingatkan pengemudi lebih memperhatikan kondisi mesin sebelum mudik. Jika tubuh lelah, sebaiknya berhenti sejenak.

“Silakan melanjutkan perjalanan. Hati-hati dan jangan sungkan melapor jika menemui kesulitan,” pintanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge