0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Sampah Membludak, Naik 40 Persen

Karanganyar – Volume sampah rumah tangga dan perkotaan di Karanganyar meningkat hingga 40 persen selama libur lebaran. Kenaikannya dipicu aktivitas konsumsi masyarakat pada hari raya Idul Fitri.

“Untuk riil tonasenya belum dihitung. Tapi perkiraannya sampai 40 persen dari harian 8 ton,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Sampah Limbah Peningkatan Kapasitas dan Kehutanan (PSL PKK) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Karanganyar, Heru Purwoto kepada Timlo.net, Kamis (29/6).

Jenis sampah anorganik mendominasi, seperti kantung plastik dan kemasan bekas makanan instan. Pihaknya memberlakukan kerja lembur 23 petugas penyapu jalan dan kru pengangkut sampah selama libur lebaran mulai Selasa (27/6) sampai Minggu (2/6). Sedangkan mulai Senin (3/6), jadwal kerja petugas kebersihan kembali normal.

“Praktis hanya libur lebaran hari pertama dan kedua. Setelah itu lanjut kerja lagi. Namun dengan sistem lemburan yang diupah,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, ia menyoroti aktivitas pasar tumpah di alun-alun kota dan Taman Pancasila. Geliatnya meningkat tajam selama lebaran. Namun menyisakan sampah yang tidak sedikit. Apalagi, dibangun lapak semi permanen di area publik itu.

“Dilematis juga membersihkan sampah di pasar tumpah. Lapak semacam itu kalau diangkut, bisa diprotes. Namun kalau dibiarkan malah menjadi kumuh,” katanya.

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge