0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Geliat Arus Balik di Pelabuhan Gilimanuk Sudah Terasa

Pelabuhan Gilimanuk (merdeka.com)

Timlo.net – Arus balik di Pelabuhan Gilimanuk sudah mulai terlihat. Tercatat sebanyak 5.354 kendaraan masuk Bali melalui Pelabuhan Gilimanuk sejak Rabu (28/6) pukul 18.00 WITA hingga Kamis (29/6) pukul 06.00 WITA.

Kapal-kapal dari Ketapang, Banyuwangi penuh terisi oleh penumpang dan kendaraan. Meski demikian, tidak tampak antrian panjang di pintu pemeriksaan. Bahkan, kondisi lalu lintas terpantau masih lancar.

Manajer Operasional ASDP Gilimanuk Heru Purwono memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada akhir pekan.

“Arus balik sudah ada peningkatan sejak tiga hari setelah lebaran, tapi puncaknya kami prediksi terjadi pada akhir pekan ini,” kata Heru, Kamis (29/6).

Arus balik masuk Bali tersebut masih didominasi pemudik yang menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi. Sedangkan pemudik yang kembali ke Bali dengan bus AKAP dan bus Pariwisata jumlahnya belum signifikan.

Hingga saat ini, jumlah penumpang dan kendaraan arus balik yang sudah menyebrang ke Bali tercatat 22.239 orang penumpang. Dengan rincian, kendaraan roda dua sebanyak 2.267 unit dan kendaraan roda empat sebanyak 3.087 unit.

Hal itu terlihat dari kapal yang berlabuh di dermaga Gilimanuk, baik dermaga IMB, Panton dan LCM seluruhnya penuh pemudik dengan sepeda motor, mobil pribadi dan ada beberapa travel dan bus AKAP maupun bus Pariwisata.

Ditambahkannya, pihak ASDP mengoperasikan 30 armada kapal untuk melayani penyebrangan Ketapang-Gilimanuk. Jika terjadi lonjakan arus balik maka armada kapal yang dioperasikan akan ditambah.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge