0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kopi Kunci Lawan Obesitas

Kopi. (Dok: Timlo.net/ humideas.com)

Timlo.net—Minum kopi mungkin menjadi kunci melawan obesitas, tulis sebuah penelitian baru. Kafein, kandungan utama dalam kopi membantuk membakar kalori dengan meningkatkan produksi oksitosin. Hormon oksitosin mempengaruhi selera makan dan metabolisme, sehingga memicu penurunan berat badan.

Dalam uji coba terhadap tikus yang memiliki berat badan berlebih, terlihat bukti nyata dari kafein. Tikus yang diberi kafein dalam jumlah besar mengalami penurunan berat badan. Kafein membuat tikus makan lebih sedikit dan mendorong mereka lebih aktif dalam mesin roda berjalan.

Konsumsi kafein seringkali dihubungkan dengan penurunan berat badan tapi proses di balik hal ini masih menjadi misteri hingga sekarang. Penelitian terbaru ini mengungkap mekanisme di balik hal itu. Hal ini menyediakan pandangan yang segar terhadap bagaimana kafein mengatur metabolisme.

Tim peneliti dari Huazhong University of Science and Technology, Wuhan bahkan berniat membuat pil kafein untuk melawan obesitas. Pemimpin penelitian Profesor Guo Zhang berkata, “Kami menemukan jika kafein mengurangi asupa kafein secara signifikan dan meningkatkan aktivitas berlari di dalam roda pada tikus yang obesitas. Bersama, hasil penelitian ini menunjukkan jika perawatan kafein mengatasi obesitas baik lewat pengurangan asupan makanan dan meningkatkan penggunaan energi.”

Kafein mempengaruhi molekul bernama adenosine. Molekul itu berperan dalam tidur dan produksi energi. Saat tikus diberikan kafein, zat itu memblokir reseptor adenosine di bagian otak yang disebut hipotalamus. Bagian otak itu adalah pengatur utama dari keseimbangan energi pada mamalia. Pada tikus, hal ini memicu produksi oksitosin pada sel otak sehingga tingkat obesitas dikurangi.

Sumber: DailyMail.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge