0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Twitter Bisa Digunakan Untuk Prediksi Kerusuhan

Twitter. (Dok: Timlo.net/ Ubergizmo.)

Timlo.net—Sebelumnya para peneliti menciptakan algoritma untuk mendeteksi kapan dan dimana teroris mungkin melakukan serangan. Sekarang mereka menemukan jika Twitter bisa dipakai untuk mendeteksi kerusuhan.

Dalam penelitian terbaru yang diadakan oleh Cardiff University, Twitter bisa dipakai untuk mendeteksi berbagai kejadian termasuk kerusuhan. Data-data di Twitter ternyata lebih akurat memprediksi kerusuhan dibandingkan polisi.

“Dalam penelitian ini, kami menunjukkan jika sosial media online menjadi tempat untuk melaporkan observasi peristiwa-peristiwa sehari-hari—termasuk kekacauan sosial dan aktivitas kriminal,” ujar salah satu peneliti Pete Burnap.

Salah satu contohnya dalam penelitian itu adalah peristiwa kerusuhan yang terjadi di Kota Enfield, Inggris. Menggunakan data yang ada di Twitter, para peneliti mampu memprediksi kejadian itu satu jam 23 menit lebih awal dibandingkan polisi. Para peneliti menganjurkan jika pihak penegak hukum mulai memanfaatkan data yang ada di sosial media untuk mencegah kejahatan.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge