0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kenapa Payudara Anda Tidak Sama Besarnya?

Payudara tidak simetris. (Dok: Timlo.net/ Every Day Health.)

Timlo.net—Apakah salah satu payudara Anda lebih besar dari yang lain? Kira-kira apa alasannya kenapa ukuran salah satu payudara berbeda dengan pasangannya? Sebuah penelitian dilakukan kepada 100 wanita yang ini memperbesar payudara. Hasil penelitian menunjukkan 88 persen di antaranya memiliki payudara yang asimetris.

Dr Jayashree Sundar, konsultan senior, obestetris dan ginekologi dari Max Multi Speciality Centre mengungkapkan kemungkinan dari payudara yang tidak sama besarnya ini. Selain itu dia juga mengungkapkan solusinya.

“Hal ini merupakan sesuatu yang umum jika sebuah payudara sedikit berbeda ukurannya dari yang lain,” kata Dr Jayashree. Dalam beberapa kasus, hal ini karena perbedaan anatomi yang normal. Kebanyakan bagian tubuh kita tidaklah simetris dan tidak ada yang salah jika sedikit berbeda.

Alasan lainnya untuk payudara yang tidak simetris adalah pubertas. Perubahan fase ini bisa menyebabkan satu payudara bertumbuh lebih besar dari yang lain. Akan tetapi keduanya bisa berhenti bertumbuh di waktu yang sama. Kadang-kadang perbedaan ukuran itu tidak begitu terlihat. Akan tetapi, kadang-kadang perbedaannya begitu jelas terlihat sehingga membuat sang empunya merasa aneh.

“Ibu yang menyusui cenderung memiliki payudara yang tidak seimbang karena kadang-kadang mereka hanya menyusui bayi dengan salah satu payudara saja. Hal ini bisa menyebabkan perbedaan ukuran dada. Para ibu ini bisa mencoba menyusui bayi dari kedua payudara untuk menjaga simetri,” ujar Dr Jayashree.

Alasan lain adalah adanya benjolan pada sebuah payudara. Biasanya benjolan pada payudara dianggap sebagai kanker. Tapi bisa jadi benjolah itu bukanlah kanker. Luka traumatis bisa menimbulkan benjolan pada payudara. Selain itu, benjolan bisa timbul karena fibrocystic, sebuah kondisi yang membuat terasa ada benjolan pada payudara. Kondisi ini adalah kondisi umum dan tidak berbahaya. Akan tetapi jika Anda merasakan sakit yang konstan pada payudara, segeralah periksakan diri ke dokter.

Jika selama ini payudara Anda simetris tapi tiba-tiba Anda melihat salah satu payudara tumbuh membesar, hal ini perlu diperhatikan. Periksakan diri ke dokter jika Anda melihat ada perubahan ukuran dan bentuk payudara yang tiba-tiba.

Dalam kebanyakan kasus, alasan pasti penyebab ukuran kedua payudara yang tidak simetris tidak diketahui. Akan tetapi, dalam beberapa kasus, alasannya adalah karena genetik. Gen Anda bertanggung jawab untuk ukuran payudara yang tidak simetris. Hal ini karena gen memegang peranan penting dalam menentukan kekuatan ligamen dan elastisitas kulit.

Sumber: Times of India.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge