0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Humas Polri : Penyerang Polda Sumut Terkooptasi oleh Bahrun Naim

(merdeka.com)

Timlo.net — Polisi sudah menetapkan empat orang tersangka penyerangan Polda Sumatera Utara, Minggu (25/6). Empat orang itu adalah Syawaluddin Pakpahan (43), Bobby (17), Firmansyah Putra Yudi dan sedangkan satu Ardhial Ramadhana (34). Ardhial tewas dengan luka tembak di dada, sedangkan Syawaluddin masih dirawat di rumah sakit setelah mendapat hadiah timah panas anggota Brimob.

Analis Kebijakan Madya Bidang Penmas Divhumas Polri Kombes Pol Sulistyo Pudjo Hartono mengatakan, dari hasil penyelidikan, satu orang tersangka yaitu Syawaluddin pernah melakukan perjalanan ke luar negeri yaitu Suriah dan menjadi bagian dari ISIS pimpinan Abu Bakr al-Baghdadi.

“Pasti terkooptasi oleh Bahrun Naim maupun ISIS Abu Bakr al-Baghdadi. Apakah yang bersangkutan ke Suriah ini mengikuti salah satu faksi (pecahan) atau berjuang dengan salah satu faksi yang mana sedang dilakukan pendalaman kepada saudara SP, karena saudara SP masih hidup ya dan berangsur-angsur membaik,” kata Pudjo di Komplek Mabes Polri, Jakarta, Rabu (28/6).

Syawaluddin hijrah ke Suriah dengan dalih memperjuangkan ideologi yang dipegangnya. Kelompok Syawaluddin diketahui terpisah dari jaringan pelaku teror lain di Indonesia.

“Dalam arti yang bersangkutan siap untuk bertempur membela pandangan ideologinya ke Suriah, kemudian yang bersangkutan di Sumatra Utara itu dengan kawan-kawannya diduga merupakan suatu sel kecil terputus dengan kelompok-kelompok lain di Indonesia,” ujarnya.

Pudjo menerangkan, perekrutan anggota ISIS dilakukan melalui jaringan internet. Sehingga tidak semua saling kenal satu sama lain.

“Jadi memang ISIS seperti itu, ada yang sel terhubung langsung tapi ada sel yang terputus. karena sistem perekrutannya adalah melewati internet, jadi tiap kelompok itu bisa saling kenal atau tidak saling kenal seperti itu,” ucapnya.

[noe]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge