0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Kemenhub: Mudik Jalur Laut Kurang Diminati

Kapal Roro Legundi (Kementerian Pariwisata RI)

Timlo.net — Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Sugihardjo, mengatakan bahwa jalur laut tidak begitu diminati oleh pemudik dari Jakarta.

“Pada dasarnya dari Jakarta tidak ada demand (permintaan) yang berlebihan, tidak terlalu membludak,” kata Sugihardjo, di Pelabuhan Tanjung Priok, Selasa (27/6).

Padahal, kata dia, angkutan laut sangat penting agar bisa mengurangi beban ke kendaraan di jalur Pantura. Selain itu, menggunakan angkutan laut bisa menumbuhkan kesadaran bahwa kita hidup di negara yang kaya akan hasil laut.

“Angkutan laut ini penting karena dapat mengurangi jumlah penumpang di jalur darat dan ada sisi edukasinya, yakni melatih jiwa bahari seseorang sesuai dengan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan,” ujarnya.

Akan tetapi, saat ini angkutan laut kurang dilirik oleh masyarakat karena kalah dengan angkitan udara dan kereta api. Hingga H+2 lebaran, Sugihardjo mengatakan bahwa kenaikan penumpang angkutan laut hanya mencapai 3 persen dari tahun sebelumnya.

“Memang kalau kita lihat trend angkutan laut kalau untuk penumpang ditinggal karena dia kalah dengan pesawat dan kereta api. Tapi untuk logistik, kapal laut yang utama,” ungkapnya.

Untuk menarik minat masyarakat agar beralih pada angkutan laut, Kemenhub akan terus melakukan sosialisasi. Salah satunya adalah dengan cara menambah kuota mudik gratis dengan kapal laut untuk tahun depan.

“Sesuai arahan Menhub, tahun depan mudik gratis akan kita tingkatkan dua kali lipat,” tandasnya.

[rhm]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge