0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dua Terduga Teroris Ditangkap di Malang dan Surabaya

Penangkapan terduga teroris di Malang (merdeka.com)

Timlo.net — Seorang terduga teroris ditangkap di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (19/6). Pria berinisial SM ditangkap di sekitar 20 meter dari rumahnya sekira pukul 09.00 WIB. Tim Densus 88 melakukan penangkapan yang dilanjutkan penggerebekan di rumah kos terduga teroris. Puluhan anggota Densus 88 memeriksa rumah kosan di Jalan Wijaya 11A Desa Pagentan, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

“Tadi pagi sekira pukul 08.00 WIB ditangkap petugas di ujung jalan terus dibawa,” kata seorang warga yang enggan menyebutkan namanya, Senin (19/6).

Kemudian sekira pukul 12.30 WIB, petugas memasang garis polisi dan melakukan penggeledahan. Sekira satu jam, Tim Densus 88 melakukan penggeledahan.

Berdasarkan informasi, SM terdeteksi pernah berangkat ke Suriah. Ia bersama sejumlah orang yang sudah ditangkap sebelumnya.  Selain SM, Densus 88 juga menangkap ATM di Surabaya. ATM ditangkap di Jalan Raya Kenjeran II, Kecamatan Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur.

Kabid Humas Polda Jawa Timur, Kombes Pol Frans Barung Mangera mengatakan, mereka jaringan Salim Mubarok Attamimi alias Abu Jandal al Yemeni. Saat ini, untuk sementara waktu, SM ditahan di Mako Brimob Malang. Sedang ATM ditahan di Surabaya.

Abu Jandal merupakan dedengkot Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) asal Indonesia. Dia juga pernah menantang Panglima TNI yang dia sampaikan melalui video di YouTube beberapa tahun lalu. SM sendiri, diketahui ke Suriah bersama Abu Jandal dan pernah mengikuti pelatihan militer bersama anggota ISIS lainnya.

“SM kembali ke Indonesia bersama Junaidi. Sudah ditangkap. Sedangkan ATM, pernah ikut deklarasi ISIS di Mega Mendung, Malang,” tandasnya.

[gil]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge