0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lebaran Tinggal Seminggu, Harga Sembako Melambung

Pedagang cabai di Pasar Legi Solo (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo — Harga sejumlah komoditas kebutuhan pangan di Pasar Legi Solo kembali meroket jelang Lebaran. Bahkan untuk komoditas bawang putih jenis cutting premium asal Tiongkok, saat ini harganya mencapai angka Rp 90 ribu per kilogram.

“Untuk cutting Tiongkok sudah sejak dua hingga tiga pekan terakhir ini harganya terus melambung tinggi. Bahkan sekarang kalaupun stok barangnya ada, harganya sudah mencapai Rp 90 ribu per kilogram,” ujar salah seorang pedagang bawang, Sri Rahayu kepada wartawan, Senin (19/6).

Ia menyebut, tingginya harga bawang itu karena pasokan yang minim dari distributor. Dengan alasan, belum adanya panen raya dari Negara produsen yaitu Tiongkok. Sehingga wajar jika harga ditingkat pengecer melambung tinggi.

“Sekarang ini stok untuk jenis bawang cutting Tiongkok kosong. Sebagai penggantinya ada bawang putih honam seharga Rp 20 ribu per kilogram dan cutting Korea seharga Rp 45 ribu per kilogram,” jelasnya.

Tidak hanya bawang putih, menurutnya harga bawang merah juga mengalami kondisi yang sama. Yaitu sejak tiga hari terakhir ini, harganya melonjak diangka Rp 32 ribu perkilogram dari sebelumnya Rp 27 ribu per kilogram.

Sementara itu, salah seorang pedagang cabai Sri Lestari juga menyampaikan, untuk berbagai jenis cabai mulai hari ini cenderung merangkak naik. Misalnya untuk cabai rawit merah dari Rp 23 ribu per kilogram menjadi Rp 30 ribu per kilogram. Cabai rawit hijau dari sebelumnya Rp 15 ribu per kilogram menjadi Rp 20 ribu perkilogram. Cabai merah besar dari sebelumnya Rp 13 ribu menjadi 20 ribu perkilogram.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge