0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Elon Musk Ingin Pangkas Biaya Perjalanan ke Planet Mars

Planet Hubble, Planet Mars baru. (Dok: Timlo.net/ Ubergizmo. )

Timlo.net—CEO dan pendiri Tesla, Elon Musk memang berambisi membuat peradaban manusia di Planet Mars. Perusahaan ruang angkasa miliknya, SpaceX sekarang ini sedang mengembangkan teknologi untuk mewujudkan hal itu. Akan tetapi, biaya perjalanan ke ruang angkasa saat ini mahal. Elon sendiri berharap jika dia bisa mengurangi biayanya.

Elon menulis sebuah artikel yang diterbitkan di jurnal teknologi ruang angkasa, New Space. Dalam artikel berjumlah 16 halaman itu, Elon membahas hal itu. Dia memperkirakan biaya perjalanan 12 orang menuju ke Mars untuk memulai koloni sangat mahal. Per orang diharuskan membayar uang senilai $ 10 miliar.

“Jika kita bisa memotong biaya pindah ke Mars hingga setara dengan harga rumah menengah di Amerika Serikat, yaitu sekitar $200 ribu, maka kemungkinan mendirikan sebuah peradaban mandiri di sana sangat tinggi,” katanya. Berarti biaya per orang mencapai sekitar Rp 2,6 miliar.

Elon juga tidak menolak kemungkinan jika biayanya lebih murah dari itu, hingga mencapai $100 ribu (Rp 1,3 miliar). Selain menurunkan biayanya, dia juga ingin koloni yang dibangun di sana bisa menghasilkan bahan bakar untuk pesawat. Jadi, mereka bisa terbang ke Planet Mars dan kembali ke Bumi paling tidak dalam satu kali perjalanan. Dia juga ingin pesawatnya bisa mengisi bahan bakar di orbit. Lantas berapa lama lagi hingga hal ini terwujud? “Jika semua berjalan sangat lancar, mungkin dalam waktu 10 tahun, tapi saya tidak ingin berkata jika saat itu semuanya akan terwujud,” tulis Elon.

Sumber: Ubergizmo.

Editor : Ranu Ario

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge