0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tol Soker Dioperasikan, Bus dan Truk Dilarang Melintas

Pintu Tol Ngasem mulai dibuka (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Ruas jalan Tol Solo-Kertosono¬†(Soker) mulai dari pintu tol Ngasem (barat) hingga pintu tol Walikukun Kabupaten Ngawi (timur) mulai dioperasikan hari ini, Senin (19/6) sekitar pukul 10.30 WIB. Pengoperasian jalan sepanjang 65 kilometer tersebut diawali dengan pengecekan jalan oleh Wakapolda Jawa Tengah, Brigjen Polisi Indrajit.

“Secara umum sudah operasional, saya sudah cek tadi. Dari laporan pihak Jasamarga juga sudah bisa dilalui sampai ke wilayah Ngawi.” kata dia saat ditemui di pintu tol Ngasem.

Kendati sudah difungsikan, kendaraan berat seperti bus dan truk belum diperkenankan melalui jalur ini. Sebab tingkat kekerasan beton pada tol tersebut belum memadai untuk dilintasi kendaraan berat.

“Masih fungsional kan, jadi pengerasannya hanya 10 sentimeter, sehingga belum bisa dilalui kendaraan besar,” imbuh dia.

Ditambahkan, pihaknya mewaspadai tingkat kelelahan dari pemudik yang akan melintas jalur ini. Dirinya meminta kepada pemudik untuk tidak perlu tergesa-gesa dan mempertimbangkan faktor keselamatan.

“Tingkat lelahnya tinggi. Karena jalannya juga sudah memadai pasti akan mendorong kecepatan laju kendaraan akan lebih tinggi juga. Karenanya saya minta baik kepada pengendara maupun petugas di sini untuk bisa mengendalikan. Maksimal 60 kilometer perjam lah,” imbuhnya.

Pengamatan Timlo.net di pintu tol Ngasem, sejumlah kendaraan operasional baik dari kepolisian maupun dari pihak pengelola tol dipersiapkan untuk membantu kelancaran arus. Satu unit ambulan dan 5 orang petugas medis juga dipersiapkan di pintu tol ini.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge