0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jangan Terlena Harga Murah

​Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita saat jumpa pers di Pondok Pesantren Al-Qurani Azzayadiy, Minggu (18/6) (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo – Masyarakat tetap dihimbau menahan diri tidak belanja berlebihan meski harga barang cenderung stabil. Tak seperti tahun-tahun yang lalu, harga barang menjelang hari raya Idul Fitri tahun ini tidak mengalami kenaikan signifikan. Bahkan cenderung turun.

“Perjalanan masih panjang. Jangan terlena,” kata Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita di sela kunjungannya di Pondok Pesantren Al-Qurani Az-Zayadiy, Minggu (18/6).

Ia mengingatkan masyarakat agar tetap mengendalikan pengeluaran menjelang Lebaran. Terlebih, pekan ini Tunjangan Hari Raya (THR) mulai cair baik untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun karyawan swasata. Kombinasi tambahan penghasilan dan harga barang yang murah sering mendorong masyarakat overkonsumsi.

“Masih banyak kebutuhan yang lain yang harus dipenuhi,” kata dia.

Kendati demikian, Kemendag tidak memiliki program khusus untuk sosialisasi pola konsumsi sehat menjelang Hari Raya Idul Fitri. Enggartiasto menilai masyarakat telah pandai membelanjakan penghasilan. Berdasarkan laporan yang ia terima, tidak ada lonjakan konsumsi yang mencolok selama bulan Ramadan tahun ini. Apalagi, lebaran tahun ini berdekatan dengan tahun ajaran baru.

“Jadi sebagian masyarakat pasti berhemat karena harus menyiapkan biaya sekolah anak,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge