0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tekan Konsumsi Listrik PLN, Terminal Tirtonadi Pasang Panel Surya

Pemasangan panel surya di lantai dua Terminal Tirtonadi (timlo.net/ichsan rosyid)

Solo — Terminal Tirtonadi memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk memasok sebagian kebutuhan suplai listrik. Selama ini, Terminal Tirtonadi membayar hingga Rp 300 Juta per bulan ke PLN untuk memenuhi kebutuhan listriknya.

“Kita sudah mulai instalasi di halaman parkir lantai dua,” kata Kepala Terminal Tirtonadi, Eko Agus Sutanto, Minggu (18/6).

Untuk tahap pertama, panel surya dipasang di atas Sayap Timur Terminal. Tepatnya di sekitar pintu masuk sky bridge. Luas panel surya yang dipasang rencananya mencapa 500 meter persegi. Panel surya tersebut sekaligus berperan sebagi peneduh bagi kendaraan yang parkir di lantai halaman parkir itu.

“Saya sendiri tidak tahu daya yang dihasilkan sampai berapa watt. Makanya penghematannya sampai sejauh mana kita lihat dulu setelah selesai instalasi,” kata dia.

Eko menambahkan, bila PLTS mampu menghemat konsumsi listrik cukup signifikan, tak menutup kemungkinan adanya pengembangan PLTS ke skala yang lebih besar. Bahkan, bila memungkinkan, ke depan PLTS akan menjadi sumber pasokan listrik utama.

“Kita lihat perkembangannya nanti bagaimana,” kata dia.

Untuk diketahui, pemasangan PLTS di stasiun, terminal dan bandara merupakan program nasional dari Kementerian Perhubungan. Program tersebut diharapkan dapat meningkatkan gaya hidup ramah lingkungan secara massal sehingga mencapai skala ekonomis.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge