0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PPDB Hari Terakhir, Empat SMKN Kekurangan Siswa

Kepala SMKN II Wonogiri sekaligus Ketua MKKS Wonogiri, Suwandi (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Hingga hari terakhir pendaftaran penerimaan siswa didik baru (PPDB) khususnya jenjang SMK di Wonogiri, sejumlah sekolah masih kekurangan siswa. Hal itu dialami oleh sekolah- sekolah yang berada di kota kecamatan pinggiran. Kondisi ini berbanding terbalik dengan sekolah yang ada di perkotaan.

“Ada empat sekolah yang memang sampai batas akhir pendaftaraan koutanya tidak terpenuhi. Seperti SMKN Kismantoro, Puhpelem, Giritontro dan Pracimantoro,” ujar Ketua MKKS SMK Wonogiri, Suwandi, Sabtu (17/6).

Disampaikan, dengan kondisi tersebut sekolah- sekolah yang belum memenuhi kouta dianjurkan untuk kembali membuka PPDB susulan. Meski demikian, kepala sekolah SMKN 2 Wonogiri ini pesimis dengan perpanjangan PPDB bagi empat sekolah dapat berhasil dan memenuhi kuota. Pasalnya kondisi geografis Wonogiri juga menjadi salah satu kendala.

“Walaupun diperpanjang kemungkinan besar tidak akan dapat memenuhi kuota. Karena apa, kalau dilihat dari jumlah kelulusan yang ada memang terbatas, jadi memang siswanya yang sudah tidak ada lagi,” tegas dia.

Sementara kuota PPDB untuk SMKN 1, SMKN 2 Wonogiri, SMKN Bulukerto dan SMKN Jatiroto hingga hari terakhir sudah memenuhi kuota. Bahkan, sekolah- sekolah tersebut kelebihan kuota.

Seperti di SMKN 2 Wonogiri, sejak awal pembukaan PPDB ada sekitar 900 pendaftar. Namun karena ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi, pada hari terakhir data yang masuk hanya 756 pendaftar. Sementara kuota yang dibutuhkan SMKN 2 sendiri sebanyak 512 siswa.

“Dari 512 siswa yang diterima itu sudah termasuk kuota siswa miskin dengan prasyarat SKTM/KIP sebanyak 107 siswa,” tandas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge