0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tahun Depan, PNS Harus Buat Laporan Harian

Kepala BKPPD Solo, Rachmat Sutomo (dok.timlo.net/red)

Solo — Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Solo menyiapkan sistem e-Kinerja untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) di jajarannya untuk meningkatkan kinerja pegawai. Sistem pemantauan kinerja berbasis internet itu kini masih dalam tahap pematangan. Tahun depan, e-Kinerja ditargetkan sudah berjalan efektif.

“Jadi tahun depan tidak ada lagi pegawai yang kerjanya leda-lede,” kata Kepala BKPPD Solo, Rachmat Sutomo, Jumat (16/6).

Dari contoh e-Kinerja yang sudah diterapkan di beberapa instansi lain seperti Pemkot Semarang, dan sejumlah kementerian, PNS harus membuat rencana kegiatan tahunan, bulanan, hingga harian. Setelah kegiatan selesai, PNS harus melaporkan hasilnya melalui sistem e-Kinerja.

Kegiatan bulanan maupun harian yang diusulkan harus berhubungan dengan target tahunan. Semua usulan dan kegiatan laporan terpampang jelas di dashboard aplikasi. Dari sana, atasan bisa menolak atau menerima usulan maupun kegiatan tersebut.

“Dengan e-Kinerja jadi lebih terukur. Tidak bisa lagi mengadakan kegiatan yang tidak ada hubungannya dengan target dan tujuan instansi,” tambahnya.

Bila terealisasi, e-Kinerja akan menjadi upgrade yang cukup signifikan bagi Pemkot Solo. Selama ini, sistem pengawasan masih minim sentuhan teknologi. Setiap awal tahun, PNS menyusun Sasaran Kerja Pegawai (SKP). Selanjutnya, pengawasan dilakukan secara manual oleh atasan. Absensi harian hanya mengandalkan absensi sidik jari yang mudah diakali.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge