0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

H-7 Lebaran, Sejumlah Ruas Tol Mulai Dibuka

Gerbang tol salatiga (merdeka.com)

Timlo.net — Jalan Tol Bekasi, Cawang, Kampung Melayu (Becakayu) bakal dibuka guna menghadapi mudik Lebaran 2017. Sesuai rencana, tol tersebut bakal dibuka pada 18 Juni atau sepekan menjelang Lebaran.

“Dibuka dari Jatiwaringin sampai dengan Sumber Artha,” kata Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kota, AKBP I Nengah Adi Putra, Kamis (15/6).

Ia mengatakan, pembukaan ruas jalan tol tersebut untuk mengurai kepadatan di ruas Jalan Kalimalang. Sebab ruas jalan tersebut mengalami penyempitan, serta masih terdapat kerusakan akibat proyek.

“Sebetulnya hanya untuk kendaraan roda empat, tapi jika kondisi di bawah macet parah akan dialihkan ke atas ke jalan tol,” kata I Nengah.

Ia mengatakan, ruas tol yang dibuka untuk umum hanya beberapa ratus meter saja yang berada di wilayah Kota Bekasi. Adapun, di wilayah DKI Jakarta mulai dari Jatiwaringin sampai dengan Cawang tidak dibuka.

“Naiknya nanti dari Jatiwaringin, kemudian turunnya di Sumber Artha. Begitu juga sebaliknya ketika arus balik,” ujarnya.

Hal yang sama juga dilakukan di Tol Bawen-Salatiga. Tol tersebut bakal mulai dioperasikan pada Senin (19/6) mendatang. Namun tol tersebut hanya dipergunakan untuk kendaraan golongan satu saja.

Kepala Korps Lalu Lintas Inspektur Jendral Polisi Royke Lumowa menjelaskan, tol tersebut sengaja digunakan agar bisa mengurangi kepadatan pada saat warga sudah mulai untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Untuk Tol Bawean akan disediakannya rest area dan tol tersebut telah dibuka untuk dua arah.

“Ada dua hektare rest area yang bisa nampung 150 mobil golongan satu,” ujarnya.

Jalur itu merupakan bagian dari sebuah proyek pembangunan jalan Tol Semarang-Solo, yakni seksi III Tol Bawen-Salatiga sepanjang 17,60 kilometer.

“Itu sangat membantu untuk mengurai kemacetan di Kota Salatiga dan Bawen,” ujarnya.

Lalu untuk proyek pembangunan tol ini masih terus dikerjakan. Tol ini ditargetkan rampung hingga Solo akhir tahun ini.

“Sementara untuk Jakarta ke Surabaya akan tersambung tahun depan,” tandasnya.

[eko/cob]

Sumber : merdeka.com

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge