0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lima Hari Tak Laku, Hati Busuk Nekat Dipajang

Pemeriksaan daging oleh petugas Disnakkan Karanganyar (timlo.net/raymond)

Karanganyar — Pengecekan daging di Pasar Jungke, Karanganyar Kota oleh petugas Dinas Peternakan dan Peternakan (Disnakkan) Karanganyar mendapati hati sapi busuk ditawarkan di salah satu lapak, Kamis (15/6). Petugas kemudian menyitanya dan memberi peringatan keras pedagang nakal itu.

“Ada sekitar tiga kilogram. Hati sapi itu dipajang di lapak seorang pedagang daging di Pasar Jungke,” ujar Kabid Peternakan Disnakkan, Siti Sofiyah kepada Timlo.net.

Awalnya, petugas memeriksa kandungan air daging sapi potong di los penjualannya. Didapati masih dijual bebas daging basah alias semi gelonggongan. Namun hal itu masih dibatas wajar, apalagi kandungan PH daging di bawah 7. Biasanya, penjual merendam dagingnya agar bobotnya bertambah.

Saat di lapak Sumiyati, petugas melihat hati sapi dagangannya berwarna pudar. Padahal hati sapi segar berwarna pekat. Setelah dicek dengan alat pendeteksi kebusukan daging atau durante, ternyata perkiraan petugas tepat.

“Penjualnya bilang sudah lima hari hati itu tidak laku-laku. Kalau laku malah bahaya karena hati sudah rusak. Bisa jadi di dalamnya bertelur larva serangga,” katanya.

 

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge