0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiga Bus Tak Layak Dikandangkan

Dua diantara tiga bus dikandangkan Satlantas Polres Boyolali karena hand rem bus tidak berfungsi (timlo.net/nanin)

Boyolali — Tim gabungan Satlantas Polres Boyolali dan Dishub mengelar razia kelayakan angkutan penumpang bus di Terminal Sunggingan, Boyolali, Kamis (15/6). Dalam operasi tersebut tiga bus jurusan Jawa Timur-Jakarta terpaksa dikandangkan.

“Kita larang melanjutkan perjalanan, karena tiga-tiganya hand rem (rem tangan) tidak berfungsi, sangat membahayakan penumpang,” kata Kasat Lantas Polres Boyolali, AKP Marlin Supu Payu, di sela penertiban.

Dijelaskan, bus yang tidak layak beroperasional namun dipaksakan akan sangat membahayakan bagi penumpang dan pengguna jalan lain. Tiga bus yang dikandangkan dan ditilang, PO Agra Mas, Po Jaya dan PO Harta Sanjaya. Sementara untuk penumpang dipindahkan ke bus lain.

“Mereka baru akan kita lepas setelah diperbaiki dan dilengkapi,” imbuh Marlin.

Selain hand rem tidak berfungsi, petugas juga menemukan kaca depan retak,ban halus dan wiper tidak berisi air. Kondisi ini dinilai sangat tidak layak jalan, apalagi digunakan untuk perjalanan malam. Namun, untuk pelanggaran diatas, petugas hanya memberi teguran dan melakukan pembinaan.

“Kita himbau juga, masyarakat jangan mudik dengan bus tua atau kondisinya sudah tidak laik jalan, berbahaya,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge