0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mau Mudik? Pilih Bus yang Dipasang Stiker Ini!

Petugas memasang stiker tanda lolos uji kelayakan pada armada angkutan lebaran 2017 (dok.timlo.net/heru murdhani)

Solo — Dinas Perhubungan Kota Solo dan tim pengujian kelayakan kendaraan dan tim rekayasa lalu lintas melakukan pengecekan ke garasi perusahaan otobus (PO). Sebanyak empat PO¬†diperiksa kelayakan armadanya yang akan digunakan sebagai angkutan Lebaran.

Ketua panitia pelaksanaan angkutan Lebaran 2017 Muhammad Usman mengatakan, empat perusahaan tersebut adalah PO Mulyo Indah, PO Rajawali, PO Rosalia, dan PO Muncul. Sebanyak 21 komponen menjadi syarat lolosnya bus untuk bisa dioperasikan selama arus mudik dan balik.

“Ada 21 komponen yang kita periksa, meliputi wiper, ban, rem, lampu, klakson, kelistrikan, dan lainnya,” terang Muhammad Usman, Kamis (15/6).

Pihaknya juga mengecek keberadaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), alat pemecah kaca, dan seatbelt. Dikatakan, hal ini merupakan syarat pokok yang ditetapkan oleh Ditjen Perhubungan Darat, sesuai dengan edaran yang diterima Dishub.

Armada bus yang lolos Ram Cek kemudian dipasangi stiker bertuliskan Armada Angkutan Lebaran 2017. Dikatakan bahwa masyarakat bisa memilih armada yang menggunakan stiker ini, sebagai tanda bahwa bus telah melalui ram chek dan dinyatakan laik jalan.

“Kami dan tim pengecekan akan standby di terminal, dan sejak kemarin sudah melakukan pengecekan terhadap armada yang beroperasi, jika kedapatan ada armada yang tidak laik jalan akan kita hentikan dan tidak boleh beroperasi,” katanya.

Pengecekan ini sendiri dilakukan untuk memberikan jaminan rasa aman kepada masyarakat yang hendak mudik menggunakan transportasi umum darat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge