0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jalur Mudik Dilengkapi Posko Layanan Gawat Darurat

Salah satu jalur mudik di Wonogiri (dok.timlo.net/tarmuji)
Wonogiri — Sejak H-7 hingga H+7 Lebaran, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Wonogiri membuka posko gawat darurat 24 jam. Posko didirikan di sejumlah titik strategis yang dilalui pemudik.
“Sebagaimana diketahui ketika arus mudik, lalu lintas ramai, kemungkinan terjadinya kecelakaan lebih besar. Sehingga harus ada posko yang bisa dijangkau dalam waktu singkat saat kecelakaan terjadi,” kata Plt Kepala DKK Wonogiri, Mubarak, Kamis (15/6).
Menurut dia, ketika terjadi kasus kecelakaan, petugas di posko akan mengambil tindakan segera. Jika diperlukan langsung diambil langkah rujukan ke rumah sakit. Lantaran itu, di setiap posko gawat darurat disediakan ambulan yang standby dan personel medis jaga bergiliran selama 24 jam.
“Perlu diwaspadai juga jika ada penyakit menular. Jangan sampai menyebar. Pemudik yang masuk ke posko gawat darurat atau posko kesehatan lainnya akan dicek menyeluruh kesehatannya,” ujar Mubarok.
Ditambahkan, guna melancarkan arus mudik Lebaran tahun ini, pihaknya menyiagakan semua petugas. Sebanyak 34 Puskesmas, satu rumah sakit negeri dan delapan rumah sakit swasta, siap dengan pelayanan.
“Dinas Kesehatan akan menyiagakan tim kesehatan dengan peralatanya dengan layanan emergensi. Setiap pos-pos layanan kesehatan akan juga kami siagakan satu unit mobil sehingga apabila ada kejadian yang perlu ditangani dengan cepat bisa langsung menggunakan kendaraan dalam mengevakuasinya” tandasnya.
Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge